|
PENILAIAN KINERJA GURU KELAS / GURU MATA PELAJARAN
Nama Guru : ____________________________________________(1)
NIP/Nomor Seri Karpeg : _______________________/_____________________(2)
Pangkat /Golongan Ruang : _______________________/_____________________(3)
Terhitung Mulai Tanggal
NUPTK/NRG : ____________________________________________(4)
Nama sekolah dan alamat : ____________________________________________
____________________________________________(5)
Tanggal mulai bekerja
di sekolah ini : ____________________________________________(6)
Bulan Tahun
Periode penilaian : _________________ sampai ___________________(7)
(tanggal, bulan, tahun) (tanggal, bulan, tahun)
PERSETUJUAN (8) (Persetujuan ini harus ditandatangani oleh penilai dan guru yang dinilai) | |||
Penilai dan guru yang dinilai menyatakan telah membaca dan mamahami semua aspek yang ditulis/dilaporkan dalam format ini dan menyatakan setuju. | |||
Nama guru | Nama penilai | ||
Tanda tangan | Tanda tangan | ||
Tanggal | ___bulan____ tahun_______ |
Kompetensi 1 : Mengenal karakteristik peserta didik
Nama Guru : ………………………………………………………………………………………………………………(9)
Nama Penilai : ………………………………………………………………………………………………………………(10)
Sebelum Pengamatan
Tanggal | (11) |
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa | (12) |
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru (13) | |
Tindak lanjut yang diperlukan: (14) |
Selama Pengamatan
Tanggal | (15) |
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa | (16) |
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan: (17) | |
Tindak lanjut yang diperlukan: (18) |
Setelah Pengamatan
Tanggal | (19) |
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa | (20) |
Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru (21) | |
Tindak lanjut yang diperlukan: (22) |
Pemantauan
Tanggal | (23) |
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa | (24) |
Catatan dan Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru (catat kegiatan yang dilakukan) (25) |
Penilaian untuk Kompetensi 1: Mengenal karakteristik peserta didik | |||||
Indikator | Skor | ||||
Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi) | Terpenuhi sebagian | Seluruhnya terpenuhi | |||
1. Guru dapat mengidentifikasi karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya. | 0 | 1 | 2 | ||
2. Guru memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. | 0 | 1 | 2 | ||
3. Guru dapat mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda. | 0 | 1 |
| ||
4. Guru mencoba mengetahui penyebab penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan peserta didik lainnya. | 0 | 1 | 2 | ||
5. Guru membantu mengembangkan potensi dan mengatasi kekurangan peserta didik. | 0 | 1 | 2 | ||
6. Guru memperhatikan peserta didik dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga peserta didik tersebut tidak termarginalkan (tersisihkan, diolok-olok, minder, dsb.). | 0 | 1 | 2 | ||
Total skor untuk kompetensi 1 | (27) | ||||
Skor maksimum kompetensi 1 = jumlah indikator × 2 | 12 (28) | ||||
Persentase = (total skor/12) × 100% | (29) | ||||
Nilai untuk kompetensi 1 (0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2; 50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4) | (30) |