PAKET SIMULASI UNTUK VERIFIKASI PENILAIAN KINERJA
( PK GURU DI SEKOLAH )
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
DIREKTORAT JENDERAL PENINGKATAN MUTU
PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
2010
www.bermutuprofesi.org
KEGIATAN LATIHAN VERIFIKASI DATA PK GURU DAN PENILAIANNYA
Kegiatan 1.
1. Lihat catatan pengamatan dan penilaian yang telah dibuat untuk kompetensi yang telah disediakan
2. Bandingkan skor yang ditetapkan untuk setiap indikator dengan bukti dalam catatan pengamatan
3. Untuk setiap pernyataan indikator, tetapkan apakah skor yang diberikan sesuai atau tidak sesuai dengan bukti catatan pengamatan yang disediakan
4. Diskusikan hasil latihan dengan anggota kelompok
5. Bandingkan hasil yang diperoleh dengan contoh hasil yang diberikan
CATATAN PENGAMATAN (Bahasa Inggris)
Kompetensi 6 : Komunikasi dengan peserta didik
Nama Guru : Ellis Rosdiawati
Nama Penilai : Bahrudin
Selama Pengamatan
Tanggal
20 November 2010
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
Hasil pengamatan:
1. Guru memberikan salam dan menanyakan kondisi siswa
2. Guru mereview materi minggu yang lalu
3. Guru menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi
4. Guru memberikan petunjuk penugasan/latihan
5. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi secara sukarela dalam mengerjakan latihan di kelas
6. Guru memberikan penghargaan terhadap jawaban siswa
7. Guru mengajak seluruh siswa untuk bersama-sama mengulangi jawaban latihan
8. Guru memberikan pertanyaan terbuka untuk semua siswa dan menerangkan jawaban latihan
9. Guru memberi penjelasan/melengkapi jawaban siswa
10. Guru interaktif dalam mengajar dengan berjalan keliling kelas
11. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengutarakan pendapatnya
12. Guru memberi perhatian yang sama terhadap siswa di depan, di belakang, dan di samping kanan maupun kiri
13. Guru mengecek apakah siswa membawa alat bantu yang dibutuhkan dalam latihan
14. Guru menggunakan alat bantu/format tertentu untuk latihan
15. Guru mengatur tempat duduk siswa agar semua mendapat perhatian
16. Siswa bekerja dalam kelompok/berpasangan dengan tugas yang berbeda
17. Guru berjalan keliling kelas mengecek pelaksanaan tugas siswa
18. Guru mendengarkan dengan baik pertanyaan siswa dan menghargai pertanyaannya dan menggunakan pertanyaan itu untuk memberi informasi kepada seluruh kelas
19. Guru menindak lanjuti tugas yang diberikan kepada seluruh kelas kemudian memilih satu siswa untuk menjawab dan memberikan kesempatan berikutnya untuk seluruh siswa
Tindak lanjut yang diperlukan:
1. Perlu melihat tugas yang diberikan minggu sebelumnya
Penilaian untuk Kompetensi 6: Komunikasi dengan peserta didik
Indikator
Skor
Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi)
Terpenuhi sebagian
Terpenuhi
seluruhnya
1. Guru menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik, termasuk memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut peserta didik untuk menjawab dengan ide dan pengetahuan mereka.
0
1
2. Guru memberikan perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan respon peserta didik, tanpa menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau mengklarifikasi pertanyaan/respon tersebut.
1
2
3. Guru merespon pertanyaan peserta didik secara tepat, benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi kurikulum, tanpa mempermalukannya.
0
2
4. Guru menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik antar peserta didik.
0
1
5. Guru mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap semua jawaban peserta didik baik yang benar maupun yang dianggap salah untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik.
0
1
6. Guru memberikan perhatian terhadap pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara lengkap dan relevan untuk menghilangkan kebingungan pada peserta didik.
1
2
Total skor untuk kompetensi 6
7
Skor maksimum kompetensi 6 = jumlah indikator ×2
12
Persentase = (total skor/12 ) × 100%
58%
Nilai untuk kompetensi 6
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
3
Kegiatan 2.
1. Lihat catatan pengamatan dan penilaian yang telah dibuat untuk kompetensi yang telah disediakan
2. Bandingkan skor yang ditetapkan untuk setiap indikator dengan bukti dalam catatan pengamatan
3. Untuk setiap pernyataan indikator, tetapkan apakah skor yang diberikan sesuai atau tidak sesuai dengan bukti catatan pengamatan yang disediakan
4. Diskusikan hasil latihan dengan anggota kelompok
5. Bandingkan dengan contoh yang diberikan
CATATAN PENGAMATAN (Kimia)
Kompetensi 2 : Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
Nama Guru : Hasan Bachri
Nama Penilai : Syafril
Selama Pengamatan
Tanggal
23 November 2010
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
Hasil pengamatan:
1. Guru memberi salam
2. Guru mengecek kehadiran siswa
3. Guru mengenalkan topik yang akan dibahas dengan memberi pertanyaan kepada siswa dan menuliskan di papan tulis
4. Guru mengingatkan kembali tentang materi di kelas sebelumnya tanpa mengecek pemahaman siswa
5. Beberapa siswa mencatat penjelasan guru dan tidak semua siswa memperhatikan guru
6. Guru memberikan contoh tentang topik yang akan dibahas
7. Guru hanya berdiri di depan kelas dan menggunakan papan tulis, tetapi beberapa tulisan tidak jelas karena tidak terbaca oleh siswa di belakang
8. Guru memberikan penjelasan topik yang dibahas melalui gambar di papan tulis
9. Guru memilih siswa untuk menjawab pertanyaan, namun tidak bisa dijawab oleh siswa, pertanyaan dilimpahkan ke siswa yang lain, namun tidak terjawab juga sehingga guru akhirnya menjawab pertanyaannya sendiri
10. Guru memberikan pertanyaan kepada semua siswa, namun saat siswa menjawab, guru juga ikut menjawab
11. Siswa terlihat takut terhadap guru
12. Siswa cenderung pasif
13. Guru selalu mengharapkan siswa dapat meneruskan pernyataannya tanpa melihat kemampuan siswa
14. Guru sangat menguasai materi dan tidak pernah menggunakan referensi/catatannya
Tindak lanjut yang diperlukan:
1. Cek RPP, Silabus
2. Lakukan pemantauan
3. Cek teman sejawat, siswa, Kasek.
Penilaian untuk Kompetensi 2: Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
yang mendidik
Indikator
Skor
Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi)
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang bervariasi.
0
2
2. Guru selalu memastikan tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut.
0
1
3. Guru dapat menjelaskan alasan pelaksanaan kegiatan/aktivitas yang dilakukannya, baik yang sesuai maupun yang berbeda dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran.
0
1
2
4. Guru menggunakan berbagai teknik untuk memotiviasi kemauan belajar peserta didik.
0
1
5. Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang saling terkait satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran maupun proses belajar peserta didik.
0
2
6. Guru memperhatikan respon peserta didik yang belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan dan menggunakannya untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya.
1
2
Total skor untuk kompetensi 2
6
Skor maksimum kompetensi 2 = jumlah indikator × 2
12
Persentase = (total skor/12) × 100%
50%
Nilai untuk kompetensi 2
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
2
LEMBAR VERIFIKASI KEGIATAN 2
Indikator Kompetensi 2
KESESUAIAN SKOR
SESUAI/TIDAK SESUAI
NOMOR HASIL PENGAMATAN
1. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang bervariasi.
2. Guru selalu memastikan tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut.
3. Guru dapat menjelaskan alasan pelaksanaan kegiatan/aktivitas yang dilakukannya, baik yang sesuai maupun yang berbeda dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran.
4. Guru menggunakan berbagai teknik untuk memotiviasi kemauan belajar peserta didik.
5. Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang saling terkait satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran maupun proses belajar peserta didik.
6. Guru memperhatikan respon peserta didik yang belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan dan menggunakannya untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya.
………………….,………………………..20
Penilai,
………………………………..
NIP.
JAWABAN STANDAR
PAKET SIMULASI PK GURU
BAGI TIM PENILAI ANGKA KREDIT
Jawaban Kegiatan 1.
LEMBAR VERIFIKASI
Indikator Kompetensi 6
KESESUAIAN SKOR
SESUAI/TIDAK SESUAI
NOMOR HASIL PENGAMATAN
1. Guru menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik, termasuk memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut peserta didik untuk menjawab dengan ide dan pengetahuan mereka.
SESUAI
2, 4, 8, 13
2. Guru memberikan perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan respon peserta didik, tanpa menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau mengklarifikasi pertanyaan/respon tersebut.
TIDAK SESUAI
5, 8, 9, 11, 19
3. Guru merespon pertanyaan peserta didik secara tepat, benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi kurikulum, tanpa mempermalukannya.
TIDAK SESUAI
5, 6, 7, 19
4. Guru menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik antar peserta didik.
SESUAI
14, 15, 16, 19
5. Guru mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap semua jawaban peserta didik baik yang benar maupun yang dianggap salah untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik.
SESUAI
5, 7, 8, 9, 10, 15, 18, 19
6. Guru memberikan perhatian terhadap pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara lengkap dan relevan untuk menghilangkan kebingungan pada peserta didik.
TIDAK SESUAI
12, 18
Jawaban Kegiatan 2
LEMBAR VERIFIKASI KEGIATAN 2
Indikator Kompetensi 6
KESESUAIAN SKOR
SESUAI/TIDAK SESUAI
NOMOR HASIL PENGAMATAN
1. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang bervariasi.
SESUAI
3, 4, 6, 8, 10, 17, 21, 23, 24
2. Guru selalu memastikan tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut.
TIDAK SESUAI
4, 13, 15, 17, 23, 25
3. Guru dapat menjelaskan alasan pelaksanaan kegiatan/aktivitas yang dilakukannya, baik yang sesuai maupun yang berbeda dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran.
TIDAK DINILAI
belum ada bukti
4. Guru menggunakan berbagai teknik untuk memotiviasi kemauan belajar peserta didik.
TIDAK SESUAI
7, 17, 23, 24, 25
5. Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang saling terkait satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran maupun proses belajar peserta didik.
TIDAK SESUAI
Bukti belum cukup tetapi lihat no: 7, 12, 13
6. Guru memperhatikan respon peserta didik yang belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan dan menggunakannya untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya.
SESUAI
9, 10, 12, 13, 15, 17
Langganan:
Posting Komentar (Atom)